Sunday, November 27, 2016

Cara Memasang Iklan Google Adsense Pada Blog AMP


Ulasan Singkat
Cara penulisan kode AdSense pada AMP HTML Blogger Template. Juga untuk pemasangan unit iklan DoubleClick.

Google Adsense merupakan sebuah jaringan periklanan digital yang disebut-sebut sebagai yang terbesar untuk saat ini mengingat program tersebut adalah milik Google, dan merupakan incaran utama para blogger untuk medapatkan penghasilan tambahan dari situs/blog yang dikelola (dari Youtube juga).

Sekarang ini sedang trend design situs menggunakan AMP yang katanya dioptimalkan untuk pengguna mobile, dan tentu saja hal tersebut menjalar pada para blogger untuk melakukan perombakan situs agar mendukung AMP.

AMP menawarkan banyak hal bagi penggunanya, bahkan untuk penambahan unit adsense pun ada peraturannya. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan karena loading akan lebih cepat, namun menyisakan masalah pada pemasangannya. Untuk yang terbiasa jalan-jalan (sebut saja blog walking) pasti sudah menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini, tetutara jika sering membaca aturan serta panduan pada AMP.

Cara menulis kode Adsense pada blog AMP
Cara penulisan kode Adsense pada AMP Blogger sangat mudah, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk pemasangannya. Hasilnya sendiri memang bisa dikatakan proses loading adsense menjadi sedikit lebih cepat jika dibandingkan dengan non AMP.

Syarat utama dalam penulisan kode Adsense pada AMP adalah, harus sudah terdapat JavaScript atau library atau apalah namanya yang berasal dari elemen AMP. Jika belum terdapat library tersebut, maka silahkan tambahkan terlebih dulu kode/script dibawah ini pada situs/blog Anda.

<script async='async' custom-element='amp-ad' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-ad-0.1.js'/>

Letakkan kode tersebut sebelum tag </head>.

Setelah memasang atau menambahkan library AMP untuk adsense, selanjutnya anda dapat menambahkan atau memasang unit iklan adsense pada situs. Cara pemasangan unit adsense tersebut cukup sederhana dan script/kode nya pun lebih singkat.

Contoh pemasangan unit iklan Adsense

<amp-ad width="300" height="250"
     type="adsense"
     data-ad-client="ca-pub-2005452797531342"
     data-ad-slot="7046456912">
</amp-ad>


Script diatas mendukung untuk pengaturan layout fill, fixed, fixed-height, flex-item, nodisplay, responsive. Sedangkan untuk ukuran lainnya silahkan disesuaikan sendiri, jika menggunakan unit iklan responsive maka tambahkan layout responsive.

Cara pemasangan seperti contoh diatas berlaku untuk unit iklan adsense, dan tidak akan berfungsi jika Anda menggunakan unit iklan doubleclick (DFP). Sebenarnya, untuk pemasangan unit iklan DFP adalah sama dengan cara pemasangan unit iklan adsense. Hanya saja diharuskan untuk mengubah nilai dari type menjadi doubleclick.

Contoh pemasangan unit iklan doubleclick / DFP

<amp-ad width="300"
    height="250"
    type="doubleclick"
    data-slot="/7046456912/contohslotiklan">
</amp-ad>


Terlihat sama bukan antara pemasangan unit iklan adsense dan doubleclick / DFP pada situs yang menggunakan AMP.

Cara diatas juga berlaku untuk pemasangan unit iklan selain adsense, hanya saja mungkin ada beberapa perbedaan. Silahkan sesuaikan sendiri agar mendukung untuk unit iklan selain adsense maupun doubleclick.

Total Komentar: 1 comment:

  1. maaf bro,bukan bermaksud untuk mengurui,sepertinya script amp dan css ampnya juga perlu,kalau tidak ada,template amp bakal error

    ReplyDelete



Copyright © 2017