Skip to main content

Cara Mudah Menghemat Kapasitas Hosting WordPress

Hosting tentu bukan sebuah hal baru terutama bagi para blogger, baik blogger yang memanfaatkan layanan gratis maupun yang berbayar tentunya sedikit banyak sudah mengetahui tentang hosting. Terlebih lagi saat ini banyak blogger yang beralih menggunakan layanan berbayar untuk mengelola situs/blog mereka.

Bagi yang memiliki uang lebih, tentu saja tidak akan mempermasalahkan space hosting karena bisa menyewa layanan hosting dengan kapasitas besar. Namun, akan berbeda dengan yang memiliki dana pas-pasan. Jika kapasitas/space hosting yang Anda gunakan berada dikisaran 500mb kebawah, maka Anda harus pandai dalam mengehemat kapasitas tersebut. Karena jika tidak maka kapasitas hosting akan cepat penuh dan mengharuskan untuk melakukan upgrade yang tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal.
Dari sekian banyak cara yang bisa gunakan untuk menghemat kapasitas hosting, hanya ada dua cara yang mudah dan efektif untuk digunakan. Tidak memerlukan biaya tambahan tapi sedikit menambah kerumitan.

Berikut adalah cara untuk menghemat kapasitas hosting
+ Memanfaatkan Blogger.
+ Menghapus theme/template yang tidak terpakai.

Memanfaatkan Blogger 
Cara pertama adalah dengan memanfaatkan layanan blog gratis dari Blogger/Google untuk mengunggah/menyimpan gambar. Terlihat sederhana namun cukup efektif dalam mengatasi masalah kapasitas hosting. Anda bisa memanfaatkan Blogger sebagai tempat untuk mengunggah gambar-gambar yang akan disertakan dalam postingan.

Kendala menggunakan cara ini adalah Anda harus lompat sana sini dan sedikit membutuhkan waktu tambahan karena tidak semudah tanpa melempar gambar (menggunakan layanan lain untuk mengunggah gambar).

Menghapus Theme/Template yang tidak terpakai
Biasanya secara default situs yang sudah dibuat akan menyertakan 3 sampai 4 template yang siap untuk digunakan. Anda bisa menghapus template yang tidak digunakan untuk menghemat kapasitas hosting. Meskipun pengaruhnya kecil, namun hal ini juga bisa sangat membantu.

Untuk menghapus template, Anda bisa login ke CPanel kemudian buka/pilih file manager. Gunakan file manager untuk menghapus template-template tersebut, biasanya terdapat pada public html/wp-contents/themes.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menghapus plugin yang tidak terpakai, namun biasanya plugin yang di install hanya plugin yang dibutuhkan.

Jika diperhatikan dengan seksama, tentu cara diatas sangatlah mudah. Namun, tetap memiliki kekurangan seperti membutuhkan waktu yang lebih banyak dan sedikit rumit bagi yang masih pemula.

Cara diatas tidak hanya berlaku untuk WordPress, Anda dapat mengaplikasikan pada CMS lainnya juga. Namun, jika hosting yang anda gunakan menyediakan kapasitas dalam jumlah besar atau bahkan unlimited, maka cara pertama (memanfaatkan Blogger) sebaiknya tidak digunakan karena sebagai bentuk professionalitas (bukan berarti tidak diperbolehkan menggunakan cara tersebut).

Saya sendiri masih menggunakan cara tersebut sampai sekarang untuk menghemat kapasitas hosting, terlebih hosting yang saya gunakan adalah layanan hosting gratis yang hanya menyediakan kapasitas sekitar 100mb dan terbilang sangat sedikit untuk sebuah kapasitas hosting.

Bisakah memanfaatkan layanan lain untuk menyimpan gambar?
Bisa. Ada banyak layanan blog gratis yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan gambar/image, atau bisa juga menggunakan layanan image hosting.

Untuk masalah penyimpanan gambar memanfaatkan pihak ketiga, Anda bisa memanfaatkan banyak layanan yang menurut Anda sesuai dan mudah digunakan. Pada intinya hanya sebagai penyimpanan gambar untuk menghemat kapasitas hosting, jadi Anda bebas menentukan layanan mana yang akan digunakan.

Comments

  1. Kenapa harus menghemat kapasitas hosting segala macam. Cari saja yang paketnya serba unlimited saja, Saya baru menemukan all unlimited hanya ada di unmetered.co.id dengan layanan web hosting unlimited dengan harga yang sangat murah dan terjangkau.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Memasang Iklan Google Adsense Pada Blog AMP

Google Adsense merupakan sebuah jaringan periklanan digital yang disebut-sebut sebagai yang terbesar untuk saat ini mengingat program tersebut adalah milik Google, dan merupakan incaran utama para blogger untuk medapatkan penghasilan tambahan dari situs/blog yang dikelola (dari Youtube juga).

Sekarang ini sedang trend design situs menggunakan AMP yang katanya dioptimalkan untuk pengguna mobile, dan tentu saja hal tersebut menjalar pada para blogger untuk melakukan perombakan situs agar mendukung AMP.

AMP menawarkan banyak hal bagi penggunanya, bahkan untuk penambahan unit adsense pun ada peraturannya. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan karena loading akan lebih cepat, namun menyisakan masalah pada pemasangannya. Untuk yang terbiasa jalan-jalan (sebut saja blog walking) pasti sudah menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini, tetutara jika sering membaca aturan serta panduan pada AMP.

Cara menulis kode Adsense pada blog AMP
Cara penulisan kode Adsense pada AMP Blogger sangat mudah, d…

Bertemu Kawan Lama

Hehehe,, sebelumnya mohon maaf ya buat teman-teman kalau merasa risih dengan blog ini. Barusan saya membuka email dan ternyata ada yang mengirim email pada saya (maaf tidak bisa saya sebutkan siapa pengirimnya), email tersebut berisi kritikan yang mengatakan blog ini hanya sampah, tidak ada nilai apapun yang bisa didapat dan tidak ada unsur pendidikan atau ilmu yang dapat di ambil. Ya, saya hanya bisa tersenyum saat membaca email tersebut karena faktanya memang seperti itu, dan memang pada awalnya blog ini akan saya gunakan untuk sharing ilmu tapi saya lebih menyukai blog ini sebagai blog personal milik saya seperti saat ini.
Dan kalau memang ada hal yang ingin ditanyakan baik itu seputar HTML, CSS, PHP, CI, atau semacamnya silahkan hubungi saya langsung baik itu melalui pesan singkat, Yahoo messenger, G plus, Facebook atau lewat yang lainnya Isnyaallah akan saya jawab kalau memang saya bisa menjawabnya. Ok, itu sebagai introduce saja karena saya ingin menulis kesenangan saya yang be…

Memasang SSL/HTTPS Pada Blogger Custom Domain

Blogger memang sudah menawarkan fitur atau layanan SSL untuk subdomain blogspot, sehingga para pengguna bisa mengaktifkan SSL/HTTPS melalui halaman pengaturan. Dengan adanya layanan ini tentu merupakan hal yang menyenangkan, terlebih SSL sendiri dikabarkan dapat membantu dalam hal SEO (belum paham untuk hal ini).

Sedangkan untuk pengguna custom domain, Blogger belum memberikan layanan tersebut (mungkin tidak akan mendukungnya sama sekali). Namun, tidak perlu khawatir karena ada layanan pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan untuk mengaktifkan SSL/HTTPS pada Blogger custom domain.

Sebenarnya ada dua layanan yang bisa digunakan untuk mengaktifkan atau memasang SSL pada Blogger, yaitu dengan menggunakan Lets Encrypt atau Cloudflare. Namun, dalam hal ini saya membahas penggunaan Cloudflare saja karena jauh lebih mudah proses konfigurasinya.

Untuk mengaktifkan atau menggunakan layanan shared SSL dari Cloudflare, terlebih dulu silahkan mendaftar pada Cloudflare. Setelah proses pendaftaran dan …