Tuesday, November 29, 2016

Memasang SSL/HTTPS Pada Blogger Custom Domain


Ulasan Singkat
Memanfaatkan layanan SSL/HTTPS gratis untuk blogger custom domain

Blogger memang sudah menawarkan fitur atau layanan SSL untuk subdomain blogspot, sehingga para pengguna bisa mengaktifkan SSL/HTTPS melalui halaman pengaturan. Dengan adanya layanan ini tentu merupakan hal yang menyenangkan, terlebih SSL sendiri dikabarkan dapat membantu dalam hal SEO (belum paham untuk hal ini).

Sedangkan untuk pengguna custom domain, Blogger belum memberikan layanan tersebut (mungkin tidak akan mendukungnya sama sekali). Namun, tidak perlu khawatir karena ada layanan pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan untuk mengaktifkan SSL/HTTPS pada Blogger custom domain.

Sebenarnya ada dua layanan yang bisa digunakan untuk mengaktifkan atau memasang SSL pada Blogger, yaitu dengan menggunakan Lets Encrypt atau Cloudflare. Namun, dalam hal ini saya membahas penggunaan Cloudflare saja karena jauh lebih mudah proses konfigurasinya.

Untuk mengaktifkan atau menggunakan layanan shared SSL dari Cloudflare, terlebih dulu silahkan mendaftar pada Cloudflare. Setelah proses pendaftaran dan konfirmasi selesai, silahkan tambahkan domain pada Cloudflare dan Anda akan diminta untuk mengubah nameserver, ikuti saja langkah tersebut dan tunggu proses penggabungan DNS selesai.

Langkah selanjutnya, pilih minu crypto. Kemudian ubah pengaturan SSL menjadi Flexible. Setelah itu silahkan pilih menu page rules kemudian pilih create page rule. Pada pengaturan page rule, isi alamat domain dengan http dan diikuti dengan tanda *. Contoh : http://*domain.com/* dan http://www.domain.com/*. Dibahwahnya ada menu mengaturan, klik menu tersebut kemudian pilih Always Use HTTPS.

Langkah terakhir setelah menambahkan domain pada page rules adalah melakukan caching, pilih menu caching kemudian pilih purge everything. Sampai disini pengaturan sudah selesai, dan tinggal menunggu SSL/HTTPS aktif pada situs yang diinginkan.

Kekurangan menggunakan SSL
Masih banyak fitur yang belum didukung SSL pada Blogger, namun bukan sebuah perkara yang serius. Misalnya, setelah SSL/HTTPS aktif namun tidak berwarna hijau, maka ubah semua link gambar menjadi HTTPS. Jika hal tersebut sudah dilakukan dan masih tidak berwarna hijau, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh script iklan yang tidak mendukung HTTPS.

Mengenai tutorial yang tidak disertai dengan gambar, saya mohon maaf. Karena saat melakukan pengaturan tersebut saya lupa untuk membuat screenshot, untuk demo HTTPS Blogger cutom domain, silahkan cek ww.geropos.com.

Sebagai kompensasi karena tutorial ini tidak disertai dengan gambar, saya bersedia membantu konfigurasi SSL untuk blog Anda, silahkan hubungi saya melalui kontak yang tesedia dan akan saya bantu sebisa mungkin.

Total Komentar: No comments:

Post a Comment



Copyright © 2017